Berita

Gempa M6,7 Guncang Selatan Jawa, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 10 April 2021 - 14:20
Gempa M6,7 Guncang Selatan Jawa, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami Gempa M6,7 terjadi pada Sabtu, 10 April 2021, pukul 14.00.16 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. (FOTO: BMKG)

TIMES TERNATE, MALANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi yang berpusat di selatan Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (10/4/2021) siang tidak berpotensi tsunami. 

Gempa terjadi pada Sabtu, 10 April 2021, pukul 14.00.16 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. 

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo  M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km. 

Wilayah Malang Raya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tersebut. Saking kuatnya, getaran terasa hampir seluruh Jawa Timur dan luar Jawa. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi yang baru terjadi ini. 

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tuturnya. 

Bambang menyampaikan, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. 

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta mengindari bangunan retak dan rusak akibat gempa di Malang. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ternate just now

Welcome to TIMES Ternate

TIMES Ternate is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.