Ekonomi

5 Cara Asyik Naik Kereta Api Selama Masa Pandemi Terlengkap 2021

Jumat, 26 Februari 2021 - 19:28
5 Cara Asyik Naik Kereta Api Selama Masa Pandemi Terlengkap 2021 Ilustrasi Naik Kereta Api. (foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES TERNATE, JAKARTA – Bepergian naik kereta api sudah jadi pilihan banyak orang, bahkan di masa pandemi sekali pun. Ada banyak alasan yang mendasarinya, seperti harga tiket yang terjangkau, rute yang bervariasi hingga faktor kenyamanan perjalanan dengan segala fasilitas yang diberikan.

Namun naik kereta api di masa pandemi tentu berbeda dibandingkan masa sebelumnya. Ada aturan dan syarat tertentu yang wajib Anda patuhi jika akan bepergian naik kereta api jarak jauh di Pulau Jawa.

Agar Anda tidak bingung, berikut ada tips naik kereta api selama pandemi paling update 2021 dikutip dari Traveloka, mengacu Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 yang mulai berlaku 9 Februari 2021 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

1. Wajib bawa surat keterangan negatif COVID-19

Surat keterangan negatif COVID-19 menjadi syarat wajib untuk bisa naik kereta api jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera mulai 9 Februari 2021 hingga pemberitahuan atau perubahan lebih lanjut.

Surat negatif COVID-19 ini bisa berdasarkan GeNose, rapid test antigen, maupun swab PCR. Hasil tesnya harus dilakukan maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. Khusus untuk libur panjang atau libur keagamaan, rapid test, swab PCR, maupun GeNose harus dilakukan maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Per 23 Februari 2021, ada 8 stasiun yang menyediakan GeNose, yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Surabaya Pasarturi dengan tarif tes Rp20.000 di masa pre-launching.

Sedangkan untuk rapid test antigen untuk naik kereta api tersedia di 46 stasiun dengan tarif Rp105.000 sekali tess.

2. Harus dalam kondisi sehat

Sebelum naik kereta api, Anda harus pastikan jika kondisi tubuh dalam keadaan prima; tidak flu, batuk maupun demam. Petugas di stasiun juga akan melakukan pengecekan suhu badan terhadap semua penumpang dan tidak boleh melebihi batas 37,3 derajat celcius.

Selain itu, bepergian dalam kondisi sakit membuat Anda lebih rentan terkena penyakit lain. Karena itulah, pastikan tubuh dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan dengan moda transportasi umum, termasuk kereta api.

3. Wajib pakai masker

Masker sudah menjadi salah satu barang wajib yang dipakai saat beraktivitas di luar rumah, termasuk saat akan bepergian dengan kereta api.  Anda wajib menggunakan masker medis maupun masker kain tiga lapis yang menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Masker wajib dipakai di semua area stasiun, mulai dari kedatangan, saat berada di dalam kereta hingga saat tiba di stasiun tujuan.

4. Datang lebih awal

Di masa pandemi ini, Anda diharapkan tiba lebih awal di stasiun keberangkatan setidaknya 1-2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal ini karena di masa pandemi ini, ada langkah pemeriksaan tambahan yang dilakukan petugas, yaitu verifikasi surat hasil rapid test atau GeNose, pemeriksaan suhu badan, tiket dan juga kartu identitas,  serta pengaturan physical distancing selama mengantre masuk di stasiun.

5. Tidak berbicara atau menelepon selama perjalanan

Peraturan ini dikhususkan untuk mencegah kemungkinan penularan virus COVID-19 selama perjalanan. Jadi pastikan Anda tidak mengobrol dengan penumpang lain atau lewat telepon selama perjalanan. Selain itu Anda juga dilarang makan dan minum untuk perjalanan kereta api kurang dari 2 jam, kecuali jika harus mengonsumi obat tertentu.

Itulah tadi tips asyik serta persyaratan naik kereta api selama masa pandemi yang harus Anda tahu. Patut dicatat, aturan tersebut dapat berubah sesuai dinamika kasus COVID-19 di Indonesia. 

Pastikan ya Anda membawa persyaratan yang dibutuhkan agar tidak ditolak naik kereta karena kurang kelengkapan surat-surat. Sedang mencari tiket kereta api ke destinasi pilihan Anda? Cari tiket kereta ke destinasi pilihan Anda lewat Traveloka saja. Anda bisa pesan tiket dengan mudah tanpa ribet dan dijamin berangkat. Yuk pesan tiket kereta api di sini sekarang juga! (adv)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ternate just now

Welcome to TIMES Ternate

TIMES Ternate is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.