https://ternate.times.co.id/
News Commerce

Ini Perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro

Senin, 16 Januari 2023 - 16:30
Ini Perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro Ilustrasi Perbedaan iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro. (FOTO: id.jugomobile.com)

TIMES TERNATE, JAKARTAiPhone merupakan smartphone canggih yang diproduksi oleh perusahaan gadget ternama di dunia yaitu Apple. Setiap tahunnya, Apple memproduksi versi iPhone terbaru dan tentunya sudah dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi yang semakin canggih dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tak heran jika iPhone selalu menjadi smartphone paling banyak diincar oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Pada tahun 2022, Apple baru saja merilis iPhone dengan versi terbaru yaitu iPhone 14 Pro. Ketika baru saja diluncurkan, iPhone 14 Pro ini tentu banyak pecinta gadget Apple yang penasaran dengan iPhone terbaru tersebut. iPhone dengan versi terbaru tentu terlihat jelas perbedaannya dari tampilannya yang semakin bagus.

Disisi lain, bagian internalnya juga tentu memberikan performa yang semakin canggih. Namun, sebagai iPhone keluaran terbaru tentu harganya masih sangat tinggi. Hal ini terkadang membuat orang-orang yang mengidamkan smartphone tersebut sedikit keberatan. Dengan begitu, sebagian orang memilih iPhone versi sebelumnya yang tidak jauh dari versi terbaru, yaitu iPhone 13 Pro yang menjadi bandingan dari iPhone 14 Pro ini.

Diluncurkan pada tahun 2021, iPhone 13 Pro memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan iPhone 14 Pro. Meski sama-sama diberi label Pro, didalamnya terdapat berbagai perbedaan yang bisa anda ketahui untuk membandingkan kedua iPhone dari generasi yang berbeda ini. 

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro. Simak ulasan selengkapnya.

1.    Desain

Dimulai dari bagian desainnya, tentu sudah terlihat bahwa iPhone 14 Pro memiliki peningkatan dibandingkan dengan desain pada iPhone 13 Pro. Notch pada layar di iPhone 14 Pro telah dilengkapi dengan Dynamic Island, yaitu sebuah lubang yang berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi wajah dan kamera depan. Selain itu, Dynamic Island pada iPhone 14 Pro juga dijadikan sebagai pusat notifikasi atau layar sekunder kecil. Disisi lain, notch pada iPhone 13 Pro tidak memiliki fungsi apa-apa. Namun, jika dilihat dari bodinya, iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro tidak terlalu memiliki banyak perbedaan. Bentuk bodinya terlihat masih sama.

2.    Layar

Pada bagian layarnya, kedua versi iPhone yang berbeda ini terdapat sedikit perbedaan pada layarnya. Persamaannya adalah, kedua versi iPhone ini sama-sama menggunakan layar Super Retina XDR OLED dengan refresh rate 120Hz, lengkap dengan dukungan HDR10 dan Dolby Vision. Lebar layarnya juga memiliki ukuran yang sama, yaitu 6.1 inci. Kedua versi iPhone tersebut juga sudah dilengkapi dengan proteksi Ceramic Shield Glass.

Selain memiliki beberapa kesamaan, terdapat perbedaan pada layar iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro ini. Perbedaannya terlihat dari resolusi layar dan juga kecerahannnya. Resolusi layar yang terdapat pada iPhone 13 Pro mencapai 1170 x 2532 pixels, sedangkan pada iPhone 14 Pro terdapat peningkatan hingga mencapai 1179 x 2556 pixels. Selain pada resolusinya, tingkat kecerahan pada kedua versi iPhone ini juga berbeda. iPhone 13 Pro memiliki tingkat kecerahan hingga 1200 nits, sedangkan di iPhone 14 Pro terdapat peningkatan hingga 2000 nits. Pada iPhone 14 Pro terdapat fitur Always-on Display pada bagian layarnya.

3.    Perangkat lunak

Sebagai iPhone versi terbaru, iPhone 14 Pro tentu dibekali dengan chipset terbaru yaitu Apple A16 Bionic dan juga iOS 16 sebagai sistem operasinya. Selain itu, terdapat RAM sebesar 6 GB dan memori penyimpanan internal dengan beberapa pilihan mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, atau 1TB. Beberapa perbedaan dapat ditemukan di perangkat lunak yang terdapat pada iPhone 13 Pro. iPhone 13 Pro dibekali dengan chipset Apple A15 Bionic dan iOS 15 sebagai sistem operasinya. Untuk memori penyimpanan internalnya, tidak terdapat perbedaan pilihan dengan iPhone 14 Pro. Anda juga bisa mendapatkan konfigurasi memori hingga 1TB pada iPhone 13 Pro.

4.    Baterai

Pada bagian baterainya, terdapat perbedaan antara iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro yang terlihat jelas pada kapasitas baterai masing-masing. Pada iPhone 13 Pro, smartphone ini memiliki kapasitas baterai hingga 3095 mAh. Terdapat peningkatan pada kapasitas baterai iPhone 14 Pro. iPhone versi terbaru tersebut memiliki kapasitas baterai hingga 3200 mAh. 

5.    Kamera

Bagian kamera merupakan spesifikasi yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta gadget dari Apple ini. Pasalnya, iPhone dengan versi terbaru selalu dibekali dengan versi kamera yang semakin bagus. iPhone 14 Pro dilengkapi dengan tiga kamera belakang dengan lensa unggulan. Terdapat kamera utama dengan lensa wide yang beresolusi mencapai 48MP, lensa ultrawide dengan resolusi mencapai 12MP dan juga lensa telephoto dengan resolusi mencapai 12MP. Pada kamera depannya, terdapat kamera depan dengan resolusi mencapai 12MP.

Sama seperti iPhone 14 Pro, iPhone 13 Pro juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang dengan lensa unggulan, namun memiliki perbedaan pada resolusinya. Terdapat kamera utama dengan lensa wide yang beresolusi 12MP, lensa ultrawide dengan resolusi mencapai 12MP, dan lensa telephoto dengan resolusi mencapai 12MP. Selain itu, terdapat kamera depan dengan resolusi mencapai 12MP.

Demikian beberapa perbedaan yang terdapat pada kedua iPhone yang sedang banyak diincar oleh setiap orang dari berbagai belahan dunia, yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 14 Pro. Tertarik untuk memiliki salah satu dari kedua versi iPhone tersebut? Anda bisa langsung membelinya di official store Apple melalui situs belanja Blibli. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ternate just now

Welcome to TIMES Ternate

TIMES Ternate is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.